Golden Emptiness: Memahami Arketipe dan Fungsi Kognitif dalam Pengembangan Diri

Archetypes adalah pola pikir kolektif yang membantu kita mengorganisir pengalaman manusia agar memiliki makna bersama. Setiap individu memiliki kombinasi gambaran, kenangan, dan emosi yang unik seputar inti arketip ini, yang unik untuk setiap orang.
Dari sini, Anda bisa melihat gambar yang mencerminkan 8 fungsi kognitif yang dimiliki setiap tipe, diurutkan searah jarum jam (gambar tersebut untuk laki-laki; untuk perempuan, arketipe berubah gender, kecuali fungsi ke-7 dan ke-8). 



Diri manusia utuh diinisiasi oleh delapan fungsi kepribadian yang menjadi perjalanan manusia meraih diri sesungguhnya.
Empat pertama (Flow;Hero, Goal;Parent, Hobby;Child, dan Protector;Anima/Animus) adalah peranan fungsi utama manusia, sedangkan Empat kedua (Inspirational;Anti-Hero, Utopia; Ex-Parent, Aggressive; Senex/Stubborn Child, dan Control; Demon) merupakan fungsi Shadow kepribadian manusia yang tak disadari dan pembahasan ini akan di jelaskan sesi berikutnya.

Di atas garis adalah 4 fungsi yang kita gunakan secara alami, yang merupakan bagian sadar dari psikis kita, dan di bawah garis adalah 4 fungsi bayangan yang berada di bagian bawah sadar psikis kita. Diri kita terdiri dari 4 fungsi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, sementara Diri yang Lebih Besar kita terdiri dari semua 8 fungsi (baik yang sadar maupun yang tak sadar).

Jadi, mari kita kenali terlebih dahulu fungsi sadar kita, dilihat dari arketip mereka.


Fungsi Hero menjadi jendela pertama kedua belah pihak agar bisa saling kenal. Manusia akan saling mengenal dan memahami cara mereka hidup dan mudah membaca karakter masihg-masing dari yang mereka lihat dari diri sendiri dan orang lain. 
 

1. Fungsi ke-1/dominan Anda adalah [Pahlawan] di dalam diri Anda. Anda dilahirkan dengan fungsi ini sepenuhnya tersedia dan sering dilihat oleh orang lain sebagai "bakat" Anda. Setiap orang jago dalam sesuatu - itulah fungsi pertama mereka. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda kuasai, kemungkinan Anda dipaksa oleh pendidikan yang Anda terima untuk mengembangkan dan menggunakan fungsi yang berbeda. Sangat penting untuk mengetahui fungsi pahlawan Anda karena hanya melalui itu Anda akan mencapai kesuksesan dalam hidup Anda.
Sebagai "piagam operasional," rasa positif secara emosional dari menyelesaikan masalah dengan pahlawan terbaik diungkapkan oleh pikiran rasional melalui perspektif-perspektif berikut:

- Se (ESxP): Lingkungan harus dipindai untuk pengalaman nyata atau praktis.

- Si (ISxJ): Hidup harus dikenal dalam toko data praktis individu saya.

- Ne (ENxP): Lingkungan harus dipindai untuk kemungkinan alternatif hipotetis.

- Ni (INxJ): Hidup harus "diisi" oleh impresi [bawah sadar] individu saya.

- Te (ExTJ): Lingkungan harus diatur dengan efisien [mekanis benar].

- Ti (IxTP): Hidup harus masuk akal secara teknis ["benar"] menurut pemahaman individu saya.

- Fe (ExFJ): Lingkungan harus bersahabat secara sosial ["baik"].

- Fi (IxFP): Hidup harus sesuai dengan nilai-nilai individu saya secara manusiawi ["baik"].

Fungsi Parent menjadi jendela kedua dalam diri manusia untuk menyalurkan niat/kapasitas mereka agar mereka bisa "berkontribusi" dengan realitas. Hanya saja, fungsi ini hanya disadari diri sendiri, sehingga satu sama lain tidak saling memahami niatan fungsi Parent masing-masing.

2. Fungsi ke-2/tambahan adalah [Orang Tua]. Ini kurang berkembang, tetapi biasanya setelah Anda dewasa, Anda akan menguasainya dengan baik. Kebanyakan orang yang Anda temui di jalanan hanya menggunakan 2 fungsi pertama (sayangnya); Pahlawan mengurus kehidupan seseorang dan Orang Tua mengurus kehidupan orang lain. Biasanya, Orang Tua itu bodoh total ketika harus mengurus diri sendiri, karena ia hanyalah fungsi pelengkap kesadaran [Pahlawan] Anda. Diri individu mulai menyadari adanya kehadiran aspek "Orang Tua" di dalam dirinya pada usia 12-20 tahun; tepat setelah matangnya sel reproduksi dan karakteristik remaja; dimana ia memerlukan "pendampingan orang tua" untuk selalu menerima kebijaksanaan dan nilai-nilai yang ingin diciptakannya.

Rasa positif secara emosional dari mendukung orang lain dengan tegas terbaik diungkapkan oleh pikiran rasional melalui

- Se (ISxP): Membantu orang lain dalam pengalaman praktis.

- Si (ESxJ): Mengajari orang lain sesuai dengan yang dikenal.

- Ne (INxP): Menunjukkan kemungkinan alternatif kepada orang lain.

- Ni (ENxJ): Menunjukkan makna yang mendasar dari hal-hal dari firasat atau visi kami.

- Te (IxTJ): Mengarahkan orang lain untuk mengatur lingkungan dengan efisien.

- Ti (ExTP): Mengajari orang lain berdasarkan kebenaran logis.

- Fe (IxFJ): Menginstruksikan orang lain tentang etika atau nilai-nilai kelompok.

- Fi (ExFP): Mengajari orang lain dengan hubungan personal dengan situasi.

Fungsi Child adalah aspek ketiga dari diri manusia. Meskipun individu tidak menyadarinya, siapapun dapat melihatnya melalui lensa Parent; validasi apa yang kurang dan tidak tepat; dan ini dapat menjadi cara bagi individu untuk tumbuh dan bereksplorasi, seumpama anak-anak yang belajar dan bereksperimen dengan hal baru.

3. [Anak] adalah fungsi ke-3/tertiary. Ini adalah fungsi yang pertama kali lebih lemah. Ia cepat lelah, seperti anak kecil yang bermain sebentar dan kemudian bosan. Seperti api dari jerami: cepat terbakar dan memudar. Ia juga cenderung "membesar-besarkan" dirinya sendiri, bertujuan untuk terlihat penuh dengan "kebijaksanaan dan kedewasaan" dan setara dengan dominan atau tambahan orang lain. Diri individu mulai menyadari adanya kehadiran aspek "Anak" di dalam dirinya pada usia 20-35 tahun. Pola dasar "Anak" adalah modal orang-orang usia paruh baya untuk menyelami rasa cinta akan dirinya sendiri, bersikap seperti "anak baik" atau "terpandang", dan sebagainya. 

Rasa positif secara emosional dari rasa lega seperti anak-anak terbaik diungkapkan oleh pikiran rasional melalui:

- Se (ENxJ): Mencari arahan dari orang lain dalam pengalaman praktis.

- Si (INxP): Menikmati kenangan nostalgia, terutama masa kecil. 

- Ne (ESxJ): Menjelajahi alternatif, kemungkinan hipotetis seperti anak kecil. 

- Ni (ISxP): Menjelajahi makna yang mendasar seperti anak kecil.

- Te (ExFP): Merasa lega dengan mengatur lingkungan.

- Ti (IxFJ): Menjelajahi kerangka logis seperti anak kecil.

- Fe (ExTP): Bersikap seperti anak kecil saat terhubung dengan orang lain.

- Fi (IxTJ): Merasa lega melalui keselarasan internal; merelasi pribadi dengan situasi mewakili kepolosan.

Fungsi Anima/Animus adalah bagian keempat dari diri manusia. Ini adalah aspek yang sulit dikenali oleh pikiran sadar atas apa yang telah dilakukannya. Umumnya, antar manusia tidak saling menyadari fungsi ini satu sama lain, tetapi setelah berusia 35 tahun, kesadaran tentang hal-hal yang tidak disadari menjadi langkah awal untuk menyadari apa yang selama ini tersembunyi di luar pemahaman diri sendiri selama ini.


4. Fungsi ke-4/inferior adalah [Anima]. Ini adalah fungsi alami yang paling lemah dan membutuhkan pelatihan yang konsisten. Jika Anda merasa kacau dalam hidup Anda, mungkin karena Anda kekurangan keseimbangan, dan Anda hanya mencapai keseimbangan ketika menggunakan fungsi inferior Anda. Juga, ketika Anda kekurangan energi dan antusiasme, itu mungkin karena hal yang sama: Anda tidak menggunakan Anima Anda. Fungsi inferior ini jarang digunakan dan Anda tidak akan pernah mencapai tingkat penguasaan yang sama dibandingkan dengan tiga fungsi alami pertama. Karena ini adalah rasa rendah diri Anda, itu akan selalu menjadi titik lemah Anda dan Anda harus terus-menerus merawatnya serta melatih dan mengembangkannya.


Kerugian yang mungkin dari rasa terhubung secara emosional dengan hidup:

- Ne ISxJ mungkin merasa rendah dalam kemungkinan baru.

- Se INxJ mungkin merasa rendah dengan pengalaman praktis, nyata saat ini.

- Fe IxTP mungkin merasa rendah dalam hal hubungan personal dan nilai-nilai.

- Te IxFP mungkin merasa rendah dalam hal teknis dan logis.

- Ni ESxP mungkin merasa terjebak dalam kerangka berpikir hipotetis.

- Si ENxP mungkin merasa rendah ketika harus memiliki kumpulan tindakan nyata, seperti keteraturan yang dipelajari.

- Fi ExTJ mungkin merasa rendah dalam hal kesetiaan dan integritas pribadi.

- Ti ExFJ mungkin merasa rendah dalam pengetahuan teknis dan logis yang individual.


Archetypes adalah simbol kolektif yang mengorganisir pengalaman manusia, dengan setiap individu memiliki kombinasi unik dari gambar, ingatan, dan emosi yang mengelilingi inti-inti arketip ini. Archetypes ini meliputi fungsi-fungsi sadar, seperti Pahlawan dan Orang Tua, yang mengatur kehidupan sehari-hari kita, dan fungsi bayangan tak sadar, seperti Anak dan Anima, yang memengaruhi kita secara tidak sadar. Memahami dan merangkul fungsi-fungsi ini sangat penting untuk pertumbuhan pribadi dan kesuksesan.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer