Golden Emptiness: Memahami Kepribadian dan Kebutuhan Kita - Mengatasi Kesalahpahaman dalam Hubungan

Pernahkah Anda menyadari bahwa bagian dari kepribadian kita begitu unik sehingga sulit bagi orang lain untuk memahami apa yang sebenarnya kita butuhkan? 

Iya, pasti pernah. Seringkali orang lain salah paham terhadap apa yang kita lakukan karena kita merasa "tahu betul" apa yang mereka butuhkan, namun sulit menjelaskan bagaimana seharusnya dilakukan oleh kepribadian yang berbeda. Kadang, kita ingin menyamaratakan apa yang kita lakukan ke semua orang, tetapi kenyataannya, sekitar 80% konflik dengan kolega, teman dekat, keluarga, pasangan, atau dalam hubungan lainnya terjadi karena kita sendiri tidak tahu apa yang kita butuhkan. Meskipun kita telah berniat baik, hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Berikut beberapa fungsi Dominan dan Tersier yang dapat kita amati pada orang lain. Meski kita sendiri tidak bisa melihatnya, kita bisa mengerti bagaimana cara kerjanya.

 

Mengidentifikasi Fungsi Tersier yang Terintegrasi dengan Aliran Fungsi Kesadaran (Dominan-Auxiliary)

ISFP: Fi xx Ni xx  

Fi Ni loop: Membutuhkan seseorang yang dapat memahami perasaan pribadi mereka agar orang lain dapat melihat dari sudut pandangnya.

ESTP: Se xx Fe xx  

Se Fe loop: Membutuhkan seseorang yang melihat keadaan secara realistis sehingga mereka berharap orang lain peduli atau setuju dengan mereka.

ESFP: Se xx Te xx  

Se Te loop: Membutuhkan seseorang yang melihat keadaan secara realistis sehingga mereka berharap orang lain mengikuti aturan atau tujuan mereka.

ISTP: Ti xx Ni xx  

Ti Ni loop: Membutuhkan seseorang yang dapat memahami pemikiran logis mereka secara pribadi agar orang lain dapat melihat dari sudut pandangnya.

 

---

ENFP: Ne xx Te xx  

Ne Te loop: Membutuhkan seseorang yang dapat melihat pola atau peluang dalam situasi sehingga mereka berharap orang lain mengikuti aturan atau tujuan mereka.

ENFJ: Fe xx Se xx  

Fe Se loop: Membutuhkan seseorang yang dapat peduli atau setuju dengan apa yang mereka lihat sehingga mereka berharap orang lain melihat situasi secara realistis.

INFJ: Ni xx Ti xx  

Ni Ti loop: Membutuhkan seseorang yang dapat memahami sudut pandang pribadi mereka supaya agar orang lain dapat mengikuti pemikiran logis mereka.

INFP: Fi xx Si xx  

Fi Si loop: Membutuhkan seseorang yang dapat memahami perasaan pribadi mereka dengan harapan orang lain mengingat detail yang mereka pernah jelaskan.

 

---

ENTJ: Te xx Se xx  

Te Se loop: Membutuhkan seseorang yang mengikuti aturan atau tujuan mereka dengan efektif sehingga mereka berharap orang lain melihat situasi secara realistis.

INTJ: Ni xx Fi xx  

Ni Fi loop: Membutuhkan seseorang yang dapat memahami sudut pandang pribadi mereka agar orang lain dapat memahami perasaan mereka.

INTP: Ti xx Si xx  

Ti Si loop: Membutuhkan seseorang yang mengikuti pemikiran logis mereka dengan harapan orang lain mengingat detail yang mereka pernah jelaskan.

ENTP: Ne xx Fe xx  

Ne Fe loop: Membutuhkan seseorang yang dapat melihat pola atau peluang dalam situasi sehingga mereka berharap orang lain peduli atau setuju dengan mereka.

 

---

ISTJ: Si xx Fi xx  

Si Fi loop: Membutuhkan seseorang yang mengingat detail yang mereka pernah jelaskan. dengan tujuan orang lain dapat memahami perasaan mereka.

ISFJ: Si xx Ti xx  

Si Ti loop: Membutuhkan seseorang yang mengingat detail yang mereka pernah jelaskan. dengan tujuan orang lain dapat mengikuti pemikiran logis mereka.

ESFJ: Fe xx Ne xx  

Fe Ne loop: Membutuhkan seseorang yang dapat peduli atau setuju dengan apa yang mereka lihat sehingga mereka berharap orang lain dapat melihat pola atau peluang dalam situasi.

ESTJ: Te xx Ne xx  

Te Ne loop: Membutuhkan seseorang yang mengikuti aturan atau tujuan mereka dengan efektif sehingga mereka berharap orang lain dapat melihat pola atau peluang dalam situasi. 

Kesimpulan

Memahami keunikan kepribadian kita sendiri dan orang lain sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dalam hubungan. Banyak konflik terjadi karena kita tidak benar-benar memahami kebutuhan kita sendiri atau bagaimana kebutuhan tersebut bisa dipahami oleh orang lain. Dengan mengenali fungsi Dominan dan Tersier dalam kepribadian kita, kita dapat lebih baik menjelaskan dan memahami perspektif serta kebutuhan satu sama lain. Hal ini membantu menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan efektif, baik di lingkungan kerja, keluarga, maupun dalam hubungan pribadi.

 

Komentar

Postingan Populer